Nexus 5 Bisa Jadi Cicipi Android N

Nexus 5 Bisa Jadi Cicipi Android N
blankxtekno - Meski belum resmi dirilis, sistem operasi Android terbaru yang memiliki inisial N sudah bisa dicicipi di sejumlah perangkat terbatas, seperti Nexus 6, Nexus 9, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, dan handset Android One. Lalu bagaimana dengan nasib pengguna Nexus 5?

Bila dilihat dari umurnya, Nexus 5 sudah mencapai tahun ketiga sejak pertama kali dirilis. Dari awal, handset ini sudah mengantongi sistem operasi Android 4.4 KitKat, dimana Nexus 5 merupakan yang pertama kali mendapatkan sistem operasi coklat batang itu.

Tak cukup sampai di situ, Nexus 5 juga terus mendapat dukungan sistem operasi terbaru, seperti Android 5.0 Lollipop hingga Android 6.0 Marshamallow. Selepas Marshmallow, tak sedikit yang berspekulasi jika Google tidak akan memperbarui sistem operasi Nexus 5.

Namun telah muncul penampakan di repositori Google Git yang memperlihatkan bukti bahwa Google telah menguji Android N untuk perangkat dengan codename Hammerhead yang tak lain merupakan Nexus 5.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (11/3/2016), dari pengujian tersebut terlihat bahwa terakhir kali update dilakukan pada tanggal 16 Februari 2016.

Dengan update terakhir yang bisa dibilang belum lama itu ada kemungkinan bahwa Google tidak akan menghentikan update OS Nexus 5 begitu saja. Adapula kemungkinan Google sedang dalam proses pengembangan Android N untuk Nexus 5 dan bisa jadi mereka saat ini sedang rehat sejenak.

Hingga saat ini belum beredar informasi apa inisial N yang sesungguhnya. Google akan mengungkap lebih banyak soal Android N saat gelaran Google I/O 2016. Selain nama resmi, Google juga biasanya mengumumkan kapan perilisannya.

Komentar